Ilustrasi tabungan

Nikmati 5 Manfaat Memiliki Tabungan Simpanan Pelajar Yang Sangat Berguna

Memiliki tabungan simpanan pelajar tentunya sangat menguntungkan. Karena selain belajar untuk menyisihkan uang sejak dini, hasil dari tabungan tersebut tentunya dapat Anda gunakan di masa mendatang.

Tabungan pelajar

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, jenis tabungan yang satu ini tentunya ditujukan bagi pelajar. Karena itulah jumlah uang yang ditabung pun umumnya memiliki batas maksimal tertentu. Hal ini ditunjukkan agar orang tua tidak ikut menyimpan uang pribadi mereka di dalamnya.Pasalnya tujuan utama dari adanya tabungan pelajar itu sendiri adalah untuk melatih belajar menabung dari sisa uang bekal yang dimilikinya.

Pada umumnya tabungan pelajar hadir di lingkungan sekolah dan juga dikelola oleh pihak sekolah secara mandiri. Hal tersebut terlihat melalui adanya buku tabungan pelajar yang nantinya akan dibagikan setiap akhir tahun pelajaran. Namun dengan perkembangan zaman, kini jenis layanan tabungan pelajar juga ditawarkan oleh pihak bank dan juga penyedia jasa keuangan lainnya.

Manfaat menabung bagi pelajar

Dengan hadirnya beragam fasilitas menabung bagi pelajar tentu tidak lepas dari beragam manfaat yang ditimbulkannya. Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda rasakan ketika memiliki tabungan simpanan pelajar, di antaranya :

  1. Memahami konsep dasar mengatur uang, seperti halnya mengatur uang untuk jajan, kemudian menyisihkan sebagian uang untuk menabung dan lainnya.
  2. Menerapkan hidup hemat, manfaat ini akan semakin dirasakan ketika Anda sebagai pelajar ingin menabung uang dengan jumlah lebih banyak.
  3. Menghargai uang yang dimiliki, karena dengan menabung Anda sebagai pelajar akan mengetahui bahwa uang adalah sesuatu yang tidak bisa didapatkan dengan mudah.
  4. Melatih kemandirian, manfaat ini akan terasa saat Anda sebagai pelajar mampu mengatur uang dengan lebih baik. Bahkan Anda dapat menggunakan uang yang ditabung untuk membeli barang yang diinginkan tanpa perlu meminta uang kembali dari orang tua.
  5. Melatih kesabaran dan kedisiplinan, karena pada dasarnya untuk mendapatkan hasil tabungan dalam jumlah banyak itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apalagi jika Anda menabung dengan jumlah kecil, selain kesabaran Anda pun akan menjadi pribadi yang lebih disiplin.

Selain beberapa manfaat di bagian atas tadi, kegiatan menabung juga dapat membantu pelajar dalam menghindari hutang, mengenal konsep dana darurat dan juga mengambil keputusan dengan lebih bijak.

Demikianlah kiranya beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari penggunaan tabungan simpanan pelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *