Ilustrasi penggunaan multi channel ecommerce software di ipad

Multi Channel Ecommerce Integration, Berikut Pengertian dan Perbedaannya dengan Omnichannel

Berbelanja lewat online memang menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikkan, terutama dengan adanya banyak promo-promo menarik serta adanya fitur gratis ongkir yang membuat kita bisa berbelanja dari berbagai penjuru Indonesia. Ini semua berkat adanya platform e-commerce yang membuat kegiatan belanja secara online menjadi lebih mudah, terutama jika sudah adanya multi channel ecommerce integration.

Apa Itu Multi Channel?

Multi channel adalah platform dari berbagai saluran yang berorientasi di sekitar produk milik pebisnis serta memungkinkan pelanggan untuk terlibat dan membeli produk secara mudah di saluran manapun mereka ingin berbelanja. Namun, seringnya pelanggan memperlakukan saluran sebagai channel yang terpisah satu sama lain, dan setiap saluran yang ada dalam multi channel adalah sebuah peluang dari pembelian terpisah.

Kemudian, multi channel memadukan pengalaman para pelanggan dan memberikan pilihan kepada konsumennya untuk bisa terlibat di channel yang mereka sukai, ini sebenarnya fleksibel, tetapi jika mengharapkan brand untuk berkegiatan di dalam batasan saluran.

Multi channel menggabungkan dua praktek pemasaran yang ada, yaitu inbound dan outbound sehingga perusahaan meraih para customer yang berada di saluran berbeda. Dengan melakukan hal ini, proses pembelian yang dilakukan dapat lebih mudah dikendalikan oleh konsumen daripada saat berbelanja di pasar offline. Jadi, bisa dibilang multi channel ecommerce integration merupakan penyatuan antara e-commerce multi channel dengan sistem sehingga data penjualan pada semua channel dapat terpantau dengan baik.

Perbedaan Multi Channel dengan Omnichannel

Setelah mengetahui multi channel adalah platform yang memudahkan pelanggan untuk terlibat dengan channel yang mereka sukai, berikut ini adalah perbedaan antara multi channel dengan omnichannel:

  • Pada dasarnya omnichannel telah terintegrasi satu sama lain, sedangkan multi channel tidak terintegrasi antara channel yang satu dengan yang lain.
  • Dalam omnichannel, berfokus pada perjalanan customer yang sama melalui berbagai channel, sedangkan multi channel menggunakan banyak saluran serta jumlah saluran yang digunakan dalam multi channel lebih penting
  • Multi channel akan memastikan bisnis yang sudah ada atau menggunakan banyak channel untuk berbisnis, sedangkan omnichannel lebih konsisten dalam menyampaikan pesan dan citra brand
  • Omichannel juga menggunakan data untuk membangun pelayanan terhadap customer mereka agar lebih baik
  • Multi channel telah memperhitungkan jumlah saluran yang sekiranya akan digunakan oleh pelanggan.

Jika dilihat dari perbedaan antara keduanya, dapat disimpulkan bahwa multi channel ecommerce integration atau e-commerce multi channel yang telah terintegrasi dapat disebut juga dengan omnichannel. Karena, omnichannel memang merupakan tahapan lanjutan dari multi channel di mana semua channel yang berbeda telah disatukan menjadi sebuah sistem manajemen. Dari penjelasan singkat pada artikel ini mengenai multi channel yang terintegrasi, semoga bisa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *