Ilustrasi bangunan sekolah sma balikpapan terbaik

Ketahui Perbedaan Dan Kelebihan Sekolah Internasional

Sekolah Internasional merupakan salah satu jenis sekolah yang terbilang salah sangat diminati.  Hal ini dibuktikan dengan makin banyaknya sekolah – sekolah bertaraf internasional tingkat menengah. Kota balikpapan sendiri memiliki sma balikpapan terbaik yang memiliki kurikulum internasional. Agar lebih memahami tentang kelebihan dan perbedaannya,  maka simak penjelasan dibawah ini. 

Perbedaan Sekolah Internasional Dengan Sekolah Nasional

Pendidikan merupakan kebutuhan wajib yang perlu dipikirkan oleh semua orang tua. Para orang tua harus bisa membantu mengarahkan anak agar bisa mendapatkan pendidikan yang tak hanya layak namun juga berkualitas.  

Di Tengah perkembangan dunia global seperti sekarang ini tentu kita dituntut untuk smart dan multitalent. Untuk itulah memilih sekolah yang tepat sudah menjadi sebuah keharusan.  Salah satu jenis sekolah yang patut untuk dipertimbangkan adalah Sekolah Internasional.

Jenis sekolah yang satu ini merupakan sekolah yang menggunakan kurikulum internasional.  Dengan kata lain,  metode pembelajaran yang digunakan merupakan standar internasional yang diterapkan di berbagai sekolah di seluruh penjuru dunia.  Lalu apa bedanya Sekolah Internasional dengan sekolah pada umumnya?  Berikut ini adalah penjelasannya. 

  • Kurikulum

Perbedaan yang pertama adalah terletak pada jenis kurikulum yang diterapkan.  Pada sekolah nasional,  maka akan menggunakan kurikulum yang ditetapkan dan disetujui oleh Kementrian Pendidikan maupun Kementerian Kebudayaan RI yang mana diterapkan pada sekolah negeri maupun swasta.  Jenis kurikulum nasional ini harus memenuhi 3 syarat yaitu pengetahuan,  keterampilan maupun etika atau sikap. 

Sedangkan pada sekolah yang bertaraf internasional menerapkan kurikulum internasional.  Artinya standar pengajar,  sistem belajar serta segala hal yang berkaitan dengan metode belajarnya harus memenuhi syarat atau standar internasional dan mendapatkan persetujuan maupun sertifikat dari pihak pembuat kurikulum itu sendiri. 

  • Fasilitas

Dilihat dari segi fasilitas juga cukup berbeda.  Umumnya sekolah nasional memiliki fasilitas yang sudah disesuaikan oleh standar dari Kementerian Pendidikan serta disesuaikan dengan tingkat kebutuhan sekolah masing-masing. Sedangkan sekolah berstandar internasional biasanya memiliki biaya yang lebih tinggi karena disesuaikan dengan fasilitas yang lebih lengkap.

  • Bahasa Pengantar

Sekolah nasional menggunakan bahasa pengantar bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Sedangkan sekolah internasional tentu saja menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. 

  • Metode Belajar

Dalam hal metode belajar keduanya memiliki sistem yang berbeda. Sekolah nasional memiliki metode belajar dengan materi atau prodi wajib yang jauh lebih banyak. Umumnya semua materi pelajaran tersebut bersifat untuk menambah pengetahuan maupun keterampilan. 

Namun untuk sekolah internasional sendiri tak banyak materi wajib yang harus diikuti dimana umumnya hanya terdiri dari matematika, kimia dan juga fisika.  Sedangkan untuk bidang atau materi pendidikan yang lainnya hanya bersifat opsional atau disesuaikan dengan minat dari siswa itu sendiri.

Kelebihan Yang Ditawarkan Oleh Sekolah Internasional

Dari penjelasan yang telah disampaikan di atas maka tentunya anda sudah memiliki gambaran tentang jenis sekolah manakah yang paling sesuai untuk diambil. Namun terlepas dari semua itu ada beberapa kelebihan yang hanya akan didapatkan ketika bersekolah di sekolah yang berkarakter internasional yaitu:

  • Meminimalisir stress karena materi wajib lebih sedikit sehingga bisa lebih fokus dalam menyerap materi yang disampaikan
  • Bisa memiliki banyak pilihan materi lain yang disesuaikan keinginan siswa
  • Mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap dan memadai
  • Memiliki skill berbahasa asing khususnya Bahasa Inggris lebih baik karena merupakan bahasa wajib yang digunakan dalam proses belajar mengajar
  • Sudah terbiasa belajar dengan sistem internasional sehingga lebih siap terjun dalam dunia global
  • Memiliki banyak teman sekolah dari berbagai penjuru dunia

Sebenarnya mungkin ada beberapa alasan lain yang dimiliki setiap orang.  Hanya saja beberapa alasan yang telah disebutkan di atas cukup memenuhi alasan mengapa sma balikpapan terbaik menjadi pilihan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *