Ilustrasi genteng metal

Ketahui Tips Pemasangan dan Merawat Rangka Baja Ringan

Atap dikatakan sebagai elemen yang sangat penting untuk melindungi hunian anda dari cuaca panas serta hujan. Adapun pemasangan atap satu ini harus dipadu dengan konstruksi rangka baja ringan terbaik dan bagus sebagai penopangnya. Konstruksi rangka atap ini biasanya terdiri dari jenis rangka baja ringan atau baja, kayu, maupun baja.

Saat ini bahan baja ringan pun dikatakan sedang diunggulkan bagi banyak orang. Hal ini karena baja ringan dikatakan memiliki banyak kelebihan, seperti bobot yang sangat ringan, sangat kokoh dalam menopang berbagai jenis atap, sampai proses pemasangan yang lebih mudah.

Anda berencana memasang baja ringan untuk konstruksi rangka atap nanti? Sebelum melakukannya, ada beberapa tips penting yang perlu diketahui sebelum mulai memasang baja ringan tersebut.

Apa saja itu? Berikut ulasannya.

Tips Penting Memasang Rangka Baja Ringan

  1. Menyesuaikan Rangka dengan Model Atap

Rangka baja ringan anda dapat dibentuk dengan menyesuaikan model atap yang anda ingin. Tapi pembentukan rangka dari atap berjenis baja ringan ini harus anda sesuaikan dengan bebannya nanti.

Jika anda ingin memastikan kekuatan rangka atap dari baja ringan tersebut, silahkanlah buat jarak yang cukup rapat diantara baja ringan agar lebih dapat menopang beban dengan lebih baik, lalu kerenggangan maksimal yang lebih baik antara baja ringan adalah sekitar 150 cm.

  1. Menyesuaikan Rangka dengan Jenis Penutup Atap

Walaupun anda akan menggunakan rangka rangka baja ringan terbaik, bukan maksudnya anda hanya dapat memakai penutup atap berbahan logam saja.

Anda tentu akan diberikan kebebasan dalam memakai berbagai jenis penutup maupun genteng misalnya dengan beton, keramik, asbes, sampai kaca. 

Sesuaikan juga cara pakai penutup atap, hal ini karena makin berat beban penutup atap, maka akan makin banyak baja ringan yang harus anda pakai.

Kualitas baja ringan juga dapat dilihat anda lihat melalui nilai tegangan tarikannya. Paling tidak, jenis baja yang anda pilih harus mempunyai nilai tegangan tarikan kurang lebih sekitar 550 Mpa, jadi akan lebih kokoh untuk menopang berbagai jenis atap yang dipilih

Selain itu, patokan hitung dari kualitas baja ringan akan menggunakan SAE Grade, dimana baja ringan dengan kualitas pabrik yang bagus akan memiliki SAE Grade sebesar 980.

Semakin kecil tegangannya, maka dapat menunjukan tarikan baja ringan yang semakin rendah, serta akan mempengaruhi berbagai kekuatan ketika menopang beban yang ada.

  1. Memperhatikan Sistem Penguat 

Baja ringan diketahui mempunyai bentuk yang lebih tipis daripada baja yang konvensional. Hal ini pun akan menyenangkan baja ringan lebih fleksibel saat dipasang dalam berbagai bentuk atap yang anda pilih.

Tetapi sifatnya yang lebih tipis juga akan mempengaruhi kekuatan dari baja ringan, karena walaupun sangatlah kokoh saat menopang beban nanti, tapi bisa akan memiliki resiko melengkung dan bisa roboh jika pemasangannya kurang tepat walaupun anda sudah menggunakan rangka baja ringan terbaik.

Tips dalam Perawatan Baja Ringan Supaya Semakin Awet!

Jika anda terpaksa menyimpannya karena tidak bisa diselesaikan satu hari, anda harus memperhatikan nya agar tidak terkena korosi.

Dan cara merawatnya adalah dengan meletakan rangka baja ringan terbaik dalam posisi berdiri supaya tidak akan muncul genangan air, lalu pisahkan potongan logam, daun kering, serta sampah lain dari atap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *