Ilustrasi kehamilan

Memahami Lebih Dalam Mengenai Tes Kesuburan Rahim

Memiliki seorang anak merupakan impian semua pasangan yang sudah menikah. Namun adakala, ada sebagian orang yang belum diberikan keturunan. Hal ini menyangkut gaya hidup yang mereka lalui. Untuk itu penting rasanya untuk melakukan tes kesuburan rahim pada wanita. Cobalah untuk menyimak penjelasan tentang alat tes kesuburan wanita di apotik berikut.

Apa  Itu Tes Kesuburan Rahim?

Tes kesuburan ini harus segera dilakukan jika program untuk memiliki anak tidak kunjung berhasil.  Dengan adanya tes tersebut, anda bisa mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi hormon dari pasangan. Sebenarnya alat tes kesuburan wanita di apotik ini tidak hanya dilakukan oleh perempuan saja. Hal ini karena laki-laki bisa juga mengalami kemandulan. 

Pada wanita kemandulan terjadi karena adanya kelainan, seperti infeksi, kelainan hormon, dan organ reproduksi.  Sedangkan untuk laki-laki, bisa dikatakan mandul karena gangguan yang terjadi dari pengeluaran air mani.  Biasanya ditandai dengan adanya kualitas dan jumlah sperma yang rendah atau bisa juga karena pergerakan dan bentuk sperma yang tidak normal. 

Kemandulan ini adalah sebuah kelainan yang bisa dialami oleh perempuan dan laki-laki dan menyebabkan kegagalan kehamilan.  Bila salah satu dari pasangan tersebut dinyatakan mandul, maka peluang untuk mendapatkan seorang anakpun akan sulit. 

Berangkat dari masalah ini, pastikan anda melakukan pemeriksaan kesuburan pada diri anda.  Dengan adanya tes kesuburan rahim dan reproduksi laki-laki, anda bisa mengetahui kondisi diri pasangan. 

Kriteria Kesuburan Pada Perempuan dan Laki-laki

  1. Hal-hal yang menjadi kriteria kesuburan seorang perempuan

Untuk mengetahui kesuburan rahim seorang wanita, bisa dilihat dari kemampuan ovarium atau indung telur untuk melepaskan sel telurnya. Nah, untuk pelepasan sel telur itu sendiri terjadi pada masa ovulasi atau subur.  Sel telur yang sudah lepas akan masuk pada saluran indung telur atau tuba fallopi. Proses ini akan membawa sel telur ke bagian rahim. 

Selama proses tersebut berlangsung dan terjadi pembuahan maka akan merubah sel telur menjadi ovum atau bakal janin. Jika tidak maka wanita akan mengalami haid atau mens.

  1. Hal-hal yang menjadi kriteria kesuburan laki-laki

Untuk laki-laki sendiri kriteria memiliki kesuburan yang baik adalah pada organ reproduksinya. Bila testis pada laki-laki mampu memproduksi sperma  dengan jumlah dan kualitas yang baik. 

Tidak hanya itu, sel sperma ini harus memiliki gerak aktif untuk mencapai  sel telur pada rahim. Bila sel telur sudah dibuahi, maka akan terjadi kehamilan. 

Di atas telah dibahas mengenai apa itu tes kesuburan rahim perempuan dan juga laki-laki. Adanya ini bisa membantu segala hal yang terjadi pada diri anda.  Alat tes kesuburan wanita di apotik ini nantinya juga bisa digunakan untuk anda dan pasangan menyusun program kehamilan. Tidak hanya itu, bila ada kelainan anda bis dengan cepat mengobatinya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *