mengetahui masa subur wanita menggunakan tes ovulasi

Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Tes Ovulasi, dan Bagaimana Cara Mengetahui Masa Subur Wanita, Berikut Penjelasannya!

Tes ovulasi digunakan untuk mengetahui masa subur pada wanita, biasanya terjadi ketika wanita mengalami ovulasi atau terlepasnya sel telur dari indung telur ke saluran tuba falopi, dan siap dibuahi oleh sperma. Harga alat tes ovulasi bervariasi dan bisa Anda dapatkan di online atau offline store.

Waktu yang Tepat Melakukan Tes Ovulasi

Karena pada dasarnya masa subur setiap wanita berbeda-beda, jadi kapan waktu yang tepat untuk tes ovulasi? di pagi hari setelah bangun tidur, lebih tepatnya saat buang air kecil pertama. Namun, tes kesuburan tidak harus dilakukan setiap pagi hari karena yang dijadikan patokan ialah periode waktu yang anda gunakan. 

Maksudnya, tes harus dilakukan pada jam yang sama setiap harinya. Anda bisa melakukan pengujian antara pukul 11.00 hingga pukul 15.00, atau anda juga bisa melakukannya pada jam yang berbeda tergantung saran dari dokter anda.

Cara Mengetahui Masa Kesuburan Wanita

Ada beberapa alat yang bisa anda gunakan untuk mengetahui kapan terjadinya masa subur, yaitu:

  1. Ovulation test pack

Dalam penggunaanya anda hanya perlu meneteskan urine ke alat tersebut. Alat ini bekerja dengan mendeteksi perubahan hormon luteinizing dalam urine anda. Apabila produksi hormone mengalami peningkatan, maka masa ovulasi anda segera tiba. 

Ovulation test pack, tes ovulasi ini bisa dikatakan cukup efektif atau 98% untuk mengetahui kapan masa subur wanita hanya dalam satu kali pakai. Namun, perlu  diketahui bahwa alat ini tidak bisa digunakan pada wanita yang mengalami Luteinized Unruptured Follicle Syndrome (LUFS) atau Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS). Karena nantinya kedua gangguan tersebut dapat berpengaruh pada hormone LH.

  1. Lendir serviks

Tahukah anda bahwa perubahan pada lendir serviks juga bisa dijadikan sebagai acuan dalam menentukan masa subur? Kondisi lendir serviks ini akan berubah ketika sel telur mulai dilepaskan atau dengan kata lain perubahan ini dipengaruhi oleh hormone yang bertugas mengatur ovulasi. 

Biasanya, lendir serviks akan memiliki tekstur yang lebih elastis, licin, sedikit keputihan atau transparan, seperti putih telur saat sel telur siap untuk dibuahi. Untuk memeriksa perubahan tersebut, anda bisa menggunakan jari  yang bersih atau tisu, dan lakukan beberapa kali selama satu hari. Apabila di sekitar vagina tidak ada lendir itu artinya anda sedang tidak dalam masa subur.

  1. Pengukuran suhu basal 

Jenis tes ovulasi selanjutnya adalah pengukuran suhu basal yang bisa anda lakukan menggunakan termometer yang dilengkapi pengukur khusus suhu basal tubuh. Anda bisa mempraktekkannya saat baru bangun tidur di pagi hari dan belum beranjak dari tempat tidur. 

Bagi wanita yang tidak dalam ovulasi suhunya berkisar 36,2-36,5 derajat celcius, sedangkan wanita yang sedang ovulasi suhunya akan mengalami peningkatan 0,5-1 derajat celcius dari suhu tubuh normal, yang dipengaruhi oleh hormone progesterone. 

Mengenai harga alat tes ovulasi bervariasi dan bisa Anda dapatkan di online atau offline store. Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan harga alat tes ovulasi yang terjangkau dengan kualitas terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *