Ilustrasi genteng metal

Mengenal Genteng Pasir dan Fungsinya

Bagaimana jika hunian tanpa atap? Atau apakah saat musim hujan Anda pernah mengalami kebocoran? Disini atap memiliki peran yang penting. Akan tetapi Anda juga perlu perhatikan atap yang cocok untuk kebutuhan rumah dengan keunggulan yang ditawarkan. Namun, beda halnya ketika Anda memilih menggunakan genteng metal pasir yang tahan akan segala cuaca.

Mengenal Genteng Pasir 

Jenis genteng pasir bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang tengah mencari penutup atap dengan keunggulan yang tak main-main untuk Anda dapatkan. 

Namun, sebelumnya apa itu genteng pasir? Mungkin banyak dari sebagian orang yang bertanya-tanya mengenai genteng pasir. Mengenai itu, genteng pasir yang biasa dikenal juga dengan sebutan genteng metal pasir merupakan salah satu dari jenis genteng metal dengan lapisan terluarnya berpasir, dimana genteng pasir ini memiliki beragam variasi ketebalan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan elemen struktur atap Anda, seperti tebal dengan ukuran 0,20 mm hingga 0,40 mm

Sementara bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan genteng pasir yaitu terdiri dari zincalume, zinc phospat, baja galvalume az 100 dan terdapat campuran coraltex dibagian terakhir, dimana pada percampuran bahan terakhir ini digunakan sebagai pelapis dari genteng pasir yang berguna dalam penahan panas dari terik matahari yang berlebihan sehingga tidak dapat menembus suatu bangunan.

Fungsi Genteng Pasir   

Berikut ini terdapat beberapa fungsi dari penggunaan genteng pasir yang akan Anda dapatkan, diantaranya :

  • Sebagai peredam panas dan suara bising dari luar

Dalam pembuatan genteng pasir menggunakan lapisan dan bahan yang mampu meredam suara maupun panas dari luar hunian, seperti suara bising kendaraan ketika hunian berada di tepi jakan raya yang padat akan lalu lintas. Selain itu, dapat meredam panas dari luar hunian karena di dalam genteng pasir terdapat kandungan baja galvalume yang mampu memantulkan 70 % sinar panas matahari sehingga ketika matahari menyinarkan panasnya, hunian tidak akan merasa panas.

  • Meredam sambaran petir dan kobaran api

Genteng pasir ini mampu melindungi atap hunian Anda saat sambaran petir datang ketika hujan sehingga mampu melindungi hunian Anda dari efek sambaran petir seperti listrik rumah yang konslet. Bahkan, mampu meredam kobaran api ketika terjadi kebakaran.

  • Meminimalisir pergeseran atap hunian

Genteng pasir yang dilengkapi dengan sistem interlock mampu meminimalisir adanya pergeseran atap genteng yang disebabkan dari adanya beban angin. Sistem interlock yang terdapat di genteng pasir ini akan memudahkan Anda, sebab sistem interlock yang kuat dan rapat mampu menghalang pencuri untuk masuk ke hunian Anda.

Sekarang Anda sudah tau bukan apa itu genteng pasir dan beberapa keunggulannya? Masih ragu untuk memasang genteng pasir di atap hunian rumah Anda? Yuk ambil langkah untuk memulai kemajuan aspek elemen hunian Anda agar jauh lebih kokoh dan siap dalam menghadapi kondisi lingkungan. Yuk ambil langkah!   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *