pemetaan persil tanah

Tiga Manfaat Melakukan Proses Pemetaan Persil Tanah

Pemetaan persil tanah memang sampai saat ini sering dilakukan. Bahkan dengan melakukan pemetaan ini juga bisa dibilang memiliki banyak sekali manfaat. Pemetaan persil ini tak hanya untuk tanah saja sebenarnya. Namun untuk beberapa bidang dalam bentuk aset yang akan diolah di dalam data juga kerap dilakukan pemetaan persil.

Mencari luas tanah

Pemetaan persil tanah bisa digunakan untuk mencari data luas tanah tersebut. Dimana hal ini juga menjadi salah satu manfaat yang dilakukan oleh kegiatan pemetaan persil. Petugas dari instansi pemerintahan juga kerap melakukan pemetaan persil dengan tujuan untuk acuan biaya yang diberlakukan.

Perlu diketahui juga jika hasil luas tanah yang didapatkan dari proses pemetaan persil ini akan diperlukan juga untuk perencanaan pengembangan aset, pajak, perencanaan pembangunan jalan, perencanaan pengairan maupun perencanaan transmigrasi.

Perencanaan pembangunan

Jika ingin melakukan pembangunan gedung juga diperlukan unsur pemetaan persil. Dimana hal ini juga berhubungan dengan perencanaan biaya yang diberikan. Selain itu pembangunan suatu gedung juga memerlukan sebuah izin dari instansi pemerintah terkait seperti dinas pertanahan.

Pengukuran agar tahu beda tinggi tanah

Dalam membuat bangunan tentunya perbedaan tinggi tanah juga harus diketahui. Pasalnya untuk mengetahui perbedaan tinggi tanah tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah melalui pemetaan persil.

Dimana hasilnya nanti akan lebih mempermudah tindakan selanjutnya seperti berapa besar proses penggalian tanah yang akan dilakukan. Atau seberapa besar urugan tanah yang diperlukan untuk membuat perataan lantai pada gedung tersebut.

Hal ini juga sangat berguna untuk daerah yang memiliki aturan ketat terhadap tinggi maksimal suatu bangunan.

Tak hanya pada pembangunan gedung saja, pembuatan jalan juga memerlukan informasi perbedaan tinggi tanah yang bisa diambil dari hasil survey pemetaan persil suatu tanah. Hal ini dilakukan agar proses pembangunan jalan memiliki tinggi yang seragam.

Selain itu tinggi pembangunan jalan yang setara akan lebih mempermudah memberikan kenyamanan  dan keamanan para pengguna. Proses pembangunan irigasi juga memerlukan data dari pemetaan persil tanah agar laju air bisa tetap berjalan dengan baik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *