Ilustrasi Pemetaan Lidar

Ini Dia Pengaplikasian Jasa Pemetaan LiDAR dalam Sehari-hari

Untuk melakukan survey lapangan dengan kondisi vegetasi yang terbilang sulit dilakukan secara manual, dibutuhkan sebuah alat dengan teknologi sinar laser yang mampu menembus permukaan. Maka dari itu bisa digunakan jasa pemetaan lidar.

Alat bernama LiDAR tersebut ternyata sudah diaplikasikan sejak lama untuk berbagai keperluan dalam berbagai bidang. Bagaimana pengaplikasian alat tersebut? Simak artikel di bawah ini.

Pengaplikasian Alat LiDAR

  1. Pemetaan Udara

Penggunaan jasa pemetaan LiDAR dalam lingkup kota juga saat ini banyak digunakan oleh pemerintah. Alat tersebut biasanya berbasis fotografi udara dengan kombinasi LiDAR.

Pemakaian teknologi tersebut dalam lingkup perkotaan bisa membantu dalam penataan tata kota agar lebih baik lagi dan membantu investor membangun bisnisnya.

  1. Autonomousvehicle

Kecanggihan teknologi yang luar biasa juga ditemukan pada moda transportasi yakni mobil dengan kemudi otomatis. LiDAR turut serta berperan ke dalam kecanggihan moda transportasi masa kini.

Teknologi yang diaplikasikan adalah sensor yang bisa mendeteksi objek di sekitaran kendaraan, baik manusia, tembok, atau objek lainnya. Sehingga secara otomatis kendaraan akan berhenti jika ada objek yang berada di sekitarnya.

  1. Drone

Pengaplikasian teknologi laser memberi kemudahan lainnya untuk pemetaan lokasi di medan yang berbeda. Kombinasi antara drone dengan LiDAR memberikan hasil model dalam bentuk 3D (tiga dimensi).

  1. Bidang Perkebunan dan Pertanian

Digunakan para petani untuk menentukan di mana area yang cocok disebar pupuk. Peta topologi ladang, paparan sinar matahari melalui teknologi LiDAR. LiDAR juga mempunyai informasi lengkap mengenai topologi dari tahun-tahun sebelumnya.

Bagi para peneliti hal ini sangat menguntungkan terutama saat menentukan kategori tanah.

  1. Militer

Dalam dunia militer juga tak lepas dari kehadiran jasa pemetaan LiDAR terutama pada perangkat nightvision. LiDAR punya resolusi tinggi dalam upaya pengidentifikasian target seperti di tank.

Untuk dunia militer biasa disebut dengan nama LADAR.

  1. Pertambangan

Untuk survei wilayah pertabnagan penggunaan LiDAR dipakai dalam perhitungan volume stok pile, kemiringan lereng, dan aktivitas cut andfill.

  1. Antisipasi Bencana

    Penggunaan LiDAR juga berperan penting dalam upaya antisipasi bencana seperti longsor, banjir serta kebakaran hutan.

Pada pemodelan banjir menggunakan DEM dengan kualitas resolusi terbaik untuk membentuk model geometri pada sungai yang akan dijadikan alat simulasi.

Kemudian LiDAR juga dipakai untuk memantau pergerakan tanah di daerah longsor di mana hasilnya berbentuk tiga dimensi.

Satu hal cara antisipasi zona rawan terjadinya kebakaran hutan melalui sinar laser LiDAR yang mampu menembus celah kecil kanopi pohon melalui DEM (model elevasi digital).

Kenapa Perlu Menggunakan LiDAR?

  • Mudah dalam mengakses berbagai lokasi karna lewat udara bahkan sampai ke tiap bagian situs.
  • Bisa menembus berbagai vegetasi bahkan yang celahnya kecil sekalipun.
  • Biaya penggunaannya relatif lebih murah serta efektif.

    Itulah beberapa cara pengaplikasian jasa pemetaan LiDAR yang sehari-hari bisa kita temui. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *