Ilustrasi aplikasi api whatsapp business

5 Manfaat API Whatsapp Business yang Menguntungkan Bisnis Anda

Setelah mengetahui apa itu api whatsapp business, perbedaannya dengan whatsapp business biasa, dan beberapa fitur yang bisa anda gunakan untuk melancarkan bisnis anda. Sekarang kita akan membahas tentang apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari fitur tersebut sehingga sangat direkomendasikan bagi anda yang sedang atau ingin menjalankan bisnis.

  1. Dapat Berperan sebagai Asisten Virtual atau Customer Service Virtual

Saat calon pelanggan anda masih ragu dan memiliki banyak pertanyaan terkait layanan yang anda sediakan, saat pelanggan sedang menggunakan produk atau jasa anda dan menemui kendala sehingga butuh bantuan sesegera mungkin, pastinya anda sebagai pemilik bisnis ingin segera menjawab dan membantu kendala mereka, bukan?

Dengan adanya API whatsapp bisa membuat anda melakukan hal tersebut sesegera mungkin seperti yang anda inginkan. Fitur chatbot memungkinkan hal tersebut. Chatbot dapat menyapa pelanggan atau calon pelanggan dan menjawab segala pertanyaan dan kekhawatiran mereka senatural mungkin, seakan-akan pelanggan tidak sedang berinteraksi dengan bot, akan tetapi terasa seperti customer service sungguhan.

Fitur ini membuat pelanggan bisa mengakses kapan saja selama 24/7 jika sewaktu-waktu butuh bantuan, sehingga tak perlu repot-repot menghubungi call center.

  1. Update kepada pelanggan secara otomatis terkait pesanan mereka

Melalui api whatsapp business, anda bisa memberikan update terkait pesanan atau transaksi yang dilakukan oleh pelanggan anda seperti konfirmasi pesanan, waktu pemesanan, kapan barang tiba sampai tujuan, apakah terdapat halangan dalam proses transaksi atau pengiriman, hingga konfirmasi barang sudah sampai di tujuan. Hal ini membuat pelanggan bisa semakin percaya dengan layanan yang anda berikan.

  1. Integrasi antara Customer Service dan CRM Sales

Jika anda sebelumnya memiliki sistem CRM sales namun penggunaannya masih terpisah, maka dengan api whatsapp CRM sales bisa anda integrasikan dengan customer service dengan menggunakan fitur whatsapp automation.

Kelebihan yang bakal anda dapatkan jika menggunakan fitur ini adalah:

  • Otomatis bisa mendeteksi adanya pelanggan baru dari whatsapp sehingga bisa langsung disimpan ke database CRM
  • Otomatis memasukkan data-data yang diperoleh dari whatsapp milik pelanggan untuk langsung disimpan ke dalam whatsapp CRM
  1. Proses Pembayaran Jadi Lebih Mudah

Proses pembayaran pun kini bisa dilakukan melalui whatsapp sehingga pelanggan tidak perlu membuka atau memasukkan berbagai nomor lagi saat hendak membayar. Adanya berbagai dompet digital juga turut membantu fitur ini.

Pelanggan bisa membayar di sistem whatsapp menggunakan OVO, GO-pay, DANA, transfer antar bank, dan lain sebagainya.

  1. Bisa Diakses Beberapa Admin

Dengan api whatsapp business, contact customer service anda bisa dijalankan secara bersamaan oleh beberapa admin sehingga memudahkan anda sebagai pelaku bisnis dalam mengelola pesanan yang masuk atau melayani pelanggan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *