ilustrasi oven

Simak Tutorial Penggunaan Convection Oven Electric yang Benar

Banyak sekali ibu rumah tangga yang salah dan kesulitan dalam menggunakan alat convection oven electric. Keluhan mereka selalu berakhir dengan kue yang gosong dan rasa yang tidak merata. Nah, sebenarnya convection oven electric telah didesain untuk sebuah penggunaan yang stabil jika Anda tahu caranya ya!

Ini dia tutorial penggunaan convection oven electric yang benar!

  • Beli convection oven electric kualitas terbaik 

Membeli convection oven electric kualitas terbaik memiliki rekomendasi pengguna yang cukup banyak tetapi hal itu tidak jaminan jika Anda salah menggunakan. Biasanya harga oven terbaik kisaran Rp. 500 ribuan ke atas. 

  • Sebelum digunakan bersihkan dahulu 

Untuk membersihkan oven yang baru saja Anda beli, cukup gunakan lap basah kering ke semua permukaan luar dan dalam. Pelan-pelan dan jangan lupa gunakan lap kering untuk menyempurnakan pengeringan. Setelah itu Anda bisa diamkan untuk dianginkan selama 10 menit dengan membuka pintu oven. 

  • Masukkan adonan loyang 

Setelah kering sempurna, Anda bisa masukkan adonan loyang satu buah dahulu untuk mencoba hasil pemanggangan. Usakahan loyang tersebut dicuci terlebih dahulu dan bagian bawah loyang bersih dari adonan menempel. 

  • Colokkan steker 

Setelah adonan masuk, tutup pintu oven kemudian colokkan steker. 

  • Atur suhu, waktu  

Kemudian, Anda atur tombol suhu dan waktu pemanggangan. Biasanya suhu panggang standar kisaran 80-100 derajat atau sesuai resep. Sedangkan untuk waktunya bisa diatur 30-40 menitan. Perlu Anda ketahui bahwa alat ini menghasilkan sebuah kue yang matangnya merata dan cita rasa terbaik asalkan Anda tidak melebihi batas waktu dan suhunya. 

Ada beberapa alat convection oven electric yang otomatis mati lampu indikatornya jika sudah memenuhi waktu pemasakan tetapi bisa juga tidak terdapat alat otomatis sehingga Anda harus mengawasi setelah waktu habis. 

  • Setelah matang, Anda matikan tombol on dan dinginkan 

Setelah kue matang, Anda off kan tombol dan keluarkan loyang kuenya. Kemudian dinginkan alatnya.

  • Cabut kabel steker 

Kabel steker bisa Anda cabut usai alat benar-benar dingin, kemudian Anda bersihkan convection oven electric menggunakan lap basah kering. Usahakan kabel oven terlindungi dari gigitan tikus karena saat ini banyak sekali tikus yang berkeliaran.

Kesalahan membuat kue dengan hasil gosong adalah ketika Anda menyetel suhu oven terlalu tinggi dengan waktu yang terlalu lama. Sebaiknya, stabilkan suhu di derajat rendah dengan waktu yang agak lama sehingga ketika sistem otomatis tidak tersedia, Anda kelupaan tidak membuat kue gosong terlalu banyak. Hanya di bagian sisi saja itupun sedikit sekali. 

Convection oven electric bekerja lebih baik dibandingkan dengan oven manual, kendati harganya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan oven manual. 

Yuk, segera miliki convection oven electric untuk memperkuat cita rasa masakan Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *